Selasa, 23 Februari 2010

APA ITU ICT?

Apa itu networking ? Kenapa kita perlu networking ? Apa gunanya ? Sebelum kita menjawab pertanyaan ini kita perlu tahu dulu apa yang dimaksud dengan networking di komputer. Sebagaimana kita ketahui bahwa jika hanya ada satu komputer atau lebih di dalam satu pejabat atau gedung tetapi masing-masing komputer itu berdiri sendiri tanpa terhubung satu dengan lainnya maka disebut dengan istilah "stand alone". Dan jika ada lebih dari satu komputer terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel maka sudah disebut dengan network/jaringan komputer.

Lalu apakah kelebihan dengan penggunaan jaringan komputer dengan "stand alone" ? Salah satu fungsi yang terutama adalah sharing (berbagi) baik data maupun "device" /peralatan seperti printer dsbnya. Jika menggunakan komputer stand alone maka yang jika ingin "share" data dengan komputer lain maka yang harus dilakukan adalah menyalin data tersebut ke disket kemudian dibawa ke komputer lainya. Itu jika datanya kecil dan muat di satu atau lebih disket. Bagaimana jika datanya 500 MB ? Betul, jawapannya hanya dengan CDR iaitu data disalin ke satu CD dengan menggunakan CD writer kemudian dibawa ke komputer lainnya. Tapi apakah itu fleksibel dan efektif ??

Lalu bagaimana kalau datanya lebih dari 1 GB atau mungkin lebih dari itu ? Jawapannya adalah dengan menggunakan jaringan komputer atau networking. Komputer-komputer yang merupakan bahagian dari satu jaringan komputer dapat saling berkongsi: data, peralatan seperti printer, aplikasi, modem dan peralatan perangkat keras lainnya. Daftar ini masih berkembang terus seiring dengan berkembangnya teknologi komputer terutama dengan adanya Internet. Internet merupakan satu jaringan komputer yang sangat besar dimana para pengguna hanya saling bertukar maklumat atau data/file.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan